Sebuah situs Blognya Dosen Universitas Stikubank Semarang
Monday November 18th 2019

Pengenalan Dasar FUNCTION

Kunci dalam pembuatan program terstruktur, yang bertujuan untuk memudahkan dalam mengembangkan program yaitu membagi suatu program menjadi beberapa bagian program yang lebih kecil atau dikenal dengan subprogram-subprogram, yang dapat mengerjakan suatu pekerjaan yang spesifik. Dalam  subprogram ini, beberapa perintah yang sama dalam program akan dapat dijadikan satu subprogram saja dan cukup ditulis sekali, namun dapat dijalankan beberapa kali dalam program dengan memanggilnya berulangkali jika diperlukan.

Implementasi subprogram ini dalam bahasa pemrograman C/C++ disebut dengan FUNCTION.

Definisi untuk Function adalah sebagai berikut :

  • Satu blok kode atau satu blok instruksi yang  melakukan tugas tertentu dan eksekusi ketika dipanggil dari bagian lain dalam suatu program.
  • Bagian dari program yang memiliki nama tertentu, berisi sejumlah pernyataan dan digunakan untuk mengerjakan suatu pekerjaan tertentu, serta letaknya dipisahkan dari bagian program yang menggunakan fungsi tersebut. Nama tersebut selanjutnya dapat dipanggil beberapa kali  di  beberapa  tempat  dalam program.

Gambar di bawah ini dapat menggambarkan Konsep suatu program yang dibagi menjadi beberapa subprogram atau beberapa Function dalam bahasa C/C++.

Konsep_Modul

Sedangkan gambar berikut ini menggambarkan alur pemanggilan dalam suatu fungsi ke fungsi yang lain atau dari fungsi pemanggilnya.

diagram_Panggil_Fungsi

 

Share

More from category

TUJUAN DAN KEUNTUNGAN FUNGSI

Adanya Fungsi dapat bertujuan untuk : Memudahkan    dalam   mengembangkan  program.   Karena suatu Program  [Read More]

Definisi Dasar Teori Algoritma dan Pemrograman
Definisi Dasar Teori Algoritma dan Pemrograman

Dalam Mempelajari Teori Algoritma dan Pemrograman dalam matakuliah Algoritma dan Pemrograman, maka perlulah mahasiswa [Read More]

Pembuatan Tipe data baru dalam bahasa C/ C++

Dalam Bahasa C / C++ untuk membuat tipe data baru sebagai wujud untuk mengimplementasi tipe data UDT (User Defined [Read More]

Tipe Data dan Obyek Data dalam pandangan ilmu Struktur data

Tipe data adalah jenis data yang dapat ditangani oleh suatu bahasa pemrograman pada komputer. Di dalam tiap-tiap bahasa [Read More]

Archives

July 2013
M T W T F S S
« Jun   Oct »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031